About

Friday, July 20, 2012

Donor Darah di SMAK Ricci 1



Donor Darah



Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah (PMI) dan kemudian akan dipakai pada transfusi darah. Jadi, dengan menyumbangkan darah kalian, kalian mungkin telah menyelamatkan tiga nyawa untuk satu kantong. Kalian akan dapat menyelamatkan entah ayah, ibu, adik, kakak, atau keluarga orang lain yang sedang memerlukan.


Keuntungan Donor Darah

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Selain dapat menyelamatkan kehidupan orang lain, donor darah juga memberikan kita keuntungan yang lain loh. Berikut beberapa keuntungannya :

Kalian akan tahu golongan darah kalian.
Nah, bagi kalian yang gak tahu dan penasarang tentang golongan darah kalian, kalian dapat mengetahuinya jika kalian melakukan donor darah. Kalian juga akan tahu tentang Rh darah kalian (positif atau negatif)

Sangat menguntungkan bagi laki-laki. 
Kenapa ? Kalian pasti tahu, kalau setiap bulan itu ada yang namanya proses menstruasi pada perempuan, sedangkan pada laki-laki tidak. Nah, darah di dalam tubuh laki-laki itu juga perlu bantuan untuk regenerasi. Jadi, dengan kalian melakukan donor darah (apalagi kalau rutin setiap bulan), akan terbentuk darah baru yang kaya akan oksigen dan lebih bersih, serta menjaga kekentalan darah dalam tubuh laki-laki.

Donor darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
Karena zat besi yang berlebihan di dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Oksidasi ini akan menumpuk pada dinding arteri yang pada akhirnya akan memperbesar risiko terkena serangan jantung dan stroke. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan ?


Membantu regenerasi darah.
Nah, kalau teman-teman melakukan donor darah, pasti sel darah merah di tubuh kalian berkurang. Hal ini akan memacu sumsum tulang belakang kalian untuk melakukan regenerasi sel darah merah, yang pada akhirnya darah di dalam tubuh kalian akan lebih fresh.

Donor darah merupakan langkah ampuh dalam menjalani program diet.
Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini cukup untuk mengurangi lingkar pinggang Anda. 

Mendeteksi penyakit serius.
Tiap kali kita akan mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa terlebih dahulu. Sehingga kita bisa mengetahui apakah kita memiliki  penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria. Kapan lagi bisa cek  kesehatan gratis ? :)                                                                                                                                                   

Syarat Donor Darah



Bagi kalian yang ingin donor darah, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tidur dan berat badan. Sehari sebelum donor darah, kalian diharuskan tidur paling tidak selama 5 jam. Lalu, berat badan kalian juga harus lebih dari 45 kg. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah umur kalian harus lebih dari 17 tahun. Nah, selain itu memang banyak syarat kesehatan lainnya seperti tekanan darah, dll. Tapi, kalian tidak usah repot-repot memikirkannya. Sebelum kalian mendonorkan darah kalian, akan ada prosedur yang harus kalian lewati (gampang kok).


Donor Darah di SMAK RICCI 1


Setelah teman-teman mengetahui beberapa keuntungan dan syarat untuk melakukan donor darah, sekarang kami mengajak kalian untuk take action ! Kami akan mengadakan acara donor darah bersama (terbuka untuk umum) di SMAK Ricci 1. Berikut detilnya :

                Hari/Tanggal          : Kamis/2 Agustus 2012
                Waktu                    : Pk 9.00 – 12.00 WIB
                Tempat                  : Jl Kemenangan III No. 47 Jakbar, Gedung SMAK Ricci 1 Lt. 5



Setelah melakukan pendonoran darah, PMR SMAK Ricci 1 akan menyediakan popmie serta susu agar para pendonor dapat mengisi tenaga kembali agar tidak lemas. Pendonor juga mendapat bentuk ucapan terimakasih berupa souvenir gelas bertuliskan “I’ve donate my blood. How about you?”.
Dengan meluangkan waktu sebentar dan melakukan hal kecil seperti donor darah, kalian tidak akan tahu nilai yang akan kalian berikan kepada sesama. Jadi, mulailah ambil kesempatan yang ada. Kami tunggu kalian, apakah kalian berani ? :)



Sumber : 

Poster 1 oleh : Michael Stefanus
Poster 2 oleh : Jonathan Saputra
Artikel oleh : Michael Stefanus,
dengan bantuan dari Ibu Lita

0 comments:

Post a Comment