About

Saturday, July 21, 2012

MPLS 2012, We are FAMILY :)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMAK Ricci 1

Seperti yang kalian ketahui, MPLS yang biasa dikenal MOS dilaksanakan setiap sekolah kepada siswa baru memasuki jenjang yang lebih tinggi, yaitu dari SD ke SMP dan SMP ke SMA.

MPLS SMAK Ricci 1


Apa itu tujuan MPLS? Mungkin banyak dari kalian yang masih belum tahu apa itu tujuan MPLS sebenarnya. Yang pasti bukan ajang balas dendam, apalagi ajang senioritas. Here we come:

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMAK Ricci 1 bertujuan untuk membantu para siswa mengenal lebih dalam tentang SMAK Ricci 1. Baik dari struktur sekolah, guru-guru, OSIS, tugas-tugas, dan sikap-sikap yang harus disesuaikan. MPLS merupakan bagian yang sangat penting dan tidak boleh tertinggal. Justru MPLS merupakan masa-masa yang paling menyenangkan dan sangat berharga. Karena tujuan kita adalah memperkenalkan lingkungan SMA Ricci, bukan ajang lelucon yang dilakukan oleh senior ke juniornya. Setiap tugas yang diberikan pasti ada tujuannya. Bukan bahan iseng-isengan, melainkan membantu mereka memulai setahap di SMA Ricci 1. Dan paling tidak menggambarkan secara garis besar lingkungan SMA itu seperti apa.

“Cause Junior High School and Senior High School are different. We hold this orientation because we all love you, we’re not trying to kill you softly here. You know? Senior High School is creepy. That’s why we want to help you, guys. If you can’t survive from this orientation period, don’t ever think and hope you’ll survive in this Senior High School.”

MPLS SMAK RICCI 1 diadakan tanggal 16 Juli 2012 -  19 Juli 2012. Mereka berjumlah 113 siswa dan dibagi menjadi 4 kelas. Dalam masa MPLS ini, para peserta membangun proses kekompakkan mereka dalam kelas. Kelas yang paling kompak tentunya akan menjadi kelas yang terbaik. Great teamwork, great result!

Materi tatar MPLS SMAK RICCI 1 antara lain: Komunikasi Efektif, Etika, Karakter Building, Tata Tertib, Belajar Efektif, Lagu-Lagu Nasional dan juga Baris Berbaris. Yang diberikan oleh para guru yang tentunya juga gak kalah seru. 

Tugas tugas yang diberikan kakak OSIS dilaksanakan dengan baik oleh para peserta MPLS. Evaluasi yang OSIS berikan diterima dengan baik. Tidak sedikit dari mereka yang berubah menjadi pribadi yang baik. You guys did great job! THIS WAS AN UNFORGETTABLE MOMENT. THANKS BUAT KAKAK-KAKAK OSIS yang udah sukarela jalanin MPLS 6 hari ini. Gak lupa juga say THANKS buat guru-guru yang udah ngajarin materi tatar selama MPLA. At last, THANKS AND CONGRATS for 10th graders. WELCOME TO RICCI 1 SENIOR HIGH SCHOOL GUYS! Masa-masa SMA adalah masa paling menyenangkan. So on, jangan sia-siain waktu SMA kalian buat hal yang gak perlu. Libatkan diri di organisasi sekolah dan ekstrakulikuler sekolah. Use this 3 years wisely dude ;)

Kata Mereka
Mau tau apa kata peserta MPLS 2012 ini ? Bagaimana perasaan, kesan, dan pesan mereka tentang MPLS ? Yuk, kita simak pendapat mereka di bawah ini.

Mikaela Joanina

Mikaela Joanina
MPLS.. Ga tau harus mulai dari mana. Hmm. Sebuah kegiatan melelahkan, menyebalkan, menjengkelkan, menyusahkan. Tapi di sisi lain kasih kesan berharga buat gue. Tugas bejibun,diomelin mulu,dsb. Pas hari pertama-kedua gue mikir. Rasanya gue mau masuk SMA ud bayar mahal kok masih aja nyusahin ya. Wkwk. Tapi kalo ga ada MPLS ini,masa SMA gue ga bakalan ada kenangannya.Dari harus ke sekolah jam 6.15. Jalanan msh blm terang. Dan yg paling memorable itu ketika kita dievaluasi dengan teriakan-teriakan yg ga bergantian! Ud kencengnya bukan main, tabrak2an lagi. Kaya mangga dua lg obral.Tapi, yang gue paling seneng, pas terakhir penutupan MPLS, semua osis  nya ud jd temen biasa. Ga ada kakak-kakak. Semua temen. Serasa keluarga. Itulah yg rasanya paling berkesan buat gue. Sakit hati diomelin,malunya dikerjain,senengnya dipuji,capenya ngerjain tugas, pasti bakalan ada di kehidupan sehari2. But its not gonna be like MPLS. Never in a life time it would be the same like that.
Intinya. MPLS, WAS FRIGGIN AMAZING!! :) x

William Wijaya

William Wijaya
Kesan : MPLS itu asik dan sangat seru . Kita semua itu dilatih dan dibimbing oleh para kakak-kakak osis . Ketika MPLS itu kita semua diberi tugas. Semua tugas yang diberikan itu tujuannya adalah untuk menguji mental kita apakah kita sanggup atau tidak untuk belajar di SMA dan juga untuk mengenal semua murid murid dan guru-guru yang ada di SMA Ricci . Jadi jangan anggep kalo MPLS itu ga ada tujuannya. Semua yang diberikan selama MPLS itu merupakan kunci awal kita masuk ke SMA

Pesan : Jangan mudah menyerah , hadapi semua rintangan yang ada di SMA, karena SMA adalah kunci dari apa yang akan kita lakukan di masa depan . Tidak ada kata tidak mungkin dan tidak bisa karena semua hal pasti kita semua dapat lakukan asalkan ada niat , usaha , dan semangat yang tinggi . Jangan anggap jika semua tugas yang diberikan tidak mempunyai maksud atau tujuan , semua tugas ini pasti mempunyai tujuan masing masing walaupun sekarang belum waktunya . Tetapi , pecayalah bahwa semua yang kita lakukan selama ini pasti akan terpakai di masa depan nanti.

Anthony Pranata

Anthony Pranata
Kesannya kakak - kakak OSISnya seru , tegas dalam sikapnya , asik. Tapi ada yang sering pasang muka galak hahaha .. Jadi kalau buat yangg sering memasang muka galak , saya jadi takut untuk mendekatinya . Lalu kakak - kakak OSIS bisa membuat saya sadar kalau tidak buat tugas harus bagaimana , lingkungan sekolah SMA itu seperti apa. Teguran dan evaluasinya dapat membuat saya sadar terus dan harus melakukan perubahan setiap hari . MPLS ini sangat berguna bagi saya karena dapat membentuk cara pikir saya dan dapat merubah pola pikir saya yang tadinya berasal dari SMP dan sekarang sudah masuk SMA . MPLS ini juga dapat membentuk karakter saya , merubah sifat saya di sekolah seperti saat saya merasa seperti jagoan di sekolah tetapi saat kakak OSISnya berkata bahwa di sekolah ini anak jagoan tidak diterima, saya mulai merubah sikap saya untuk tidak menjadi jagoan dan saya juga tidak mau masuk ke dalam kategori anak nakal di sekolah . 
  
Pesannya buat adik - adik kelas yang jika nanti akan masuk ke SMAK RICCI 1 adalah "Nikmatilah semua tugas yang diberikan kakak - kakak OSIS karena semua tugas itu sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran kelas 10 . " 



PS: hari terakhir MPLS, kita ngadain inagurasi. Dimana setiap kelas menampilkan drama parodi masing-masing kelas X. Seneng dan bangga banget liatnya. They all creative students! Bakat ikut ekstra teater mungkin? Hahaha.

For 10th graders, sorry for every single mistake that hurt your heart. We love you all.                                                     -PPSK 48-
10.1

10.2

10.3

10.4

Peserta MPLS 2012

PPSK 48

Big Family :)


Ditulis oleh : Giovani Bilicenira
Diedit oleh : Michael Stefanus
Special Thanks : Nina, William, dan Anthony (3 peserta terbaik MPLS 2012)

0 comments:

Post a Comment