About

Friday, July 20, 2012

Donor Darah SMAK Ricci 1 (2011)


Senin 15 Agustus 2011

Setiap tahunnya PMI (Palang Merah Indonesia) mengadakan Donor Darah. Apa sih kegunaan Donor Darah? Guna donor darah selain membantu orang yang membutuhkan darah, kita juga menjaga kesehatan tubuh kita. Karena darah yang diambil dalam kegiatan donor darah adalah darah kotor. Setelah pendonoran darah, tubuh kita akan memproduksi darah baru yang kaya akan oksigen. Sebagian besar pendonor darah adalah laki-laki. Karena mereka tidak pernah mengeluarkan darah kotor, lain dengan perempuan yang tiap bulannya mengalami menstruasi. Jadi donor darah sangat dianjurkan untuk pendonor laki-laki. Berhubung bulan Agustus adalah bulan puasa, jumlah pendonor darah pun menurun. Maka SMA Katolik RICCI pun ikut berpartisipasi, PMR SMA RICCI menghubungi PMI untuk mengadakan Donor Darah. Yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2011 pukul 09.00 – 12.00 di Hall Matteo Ricci.

“Kami para panitia sudah mengkoordinir agar kegiatan Donor Darah ini berjalan dengan lancar, mulai dari pembagian tugas-tugas, perlengkapan yang dibutuhkan, konsumsi bagi pendonor, hingga souvenir. Promosi Donor Darah pun dilakukan melalui via Blackberry Messenger, spanduk serta pengumuman melalui Gereja dan Radio Sekolah.” Ucap Andreas Nico selaku ketua panitia Donor Darah. Donor Darah yang diadakan terbuka untuk umum. Bukan hanya murid-murid dan guru SMA Katolik Ricci yang mendonorkan darahnya, namun orangtua murid serta alumni SMA Ricci pun ikut mendonorkan darahnya.

Beberapa prosedur harus dipenuhi untuk mendonorkan darah. Para pendonor harus mengisi formulir yang menuliskan keterangan penyakit-penyakit yang diidap, serta identitas pribadi. Lalu pendonor akan diukur berta badannya, bila kirang dari 55 kg, pendonor akan ditolak karena berat badan yang kurang dari 55 kg tidak dapat mendonorkan darahnya untuk 350cc kantong darah. Pengukuran berat selesai dilanjutkan ke pengecekan tensi darah. Bila tekanan darah rendah, pendonor akan ditolak. Setelah semua prosedur sudah terpenuhi, pendonor tinggal menunggu giliran mendonorkan darah. PMR menyediakan popmie serta susu agar para pendonor dapat mengisi tenaga kembali agar tidak lemas. Pendonor juga mendapat bentuk ucapan terimakasih berupa souvenir gelas bertuliskan “I’ve donate my blood. How about you?”. Dan PMI mendapatkan 57 Kantong darah dari kegiatan donor darah ini. Ayo teman-teman. Mari kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah selanjutnya. :)

Dokumentasi Kegiatan Donor Darah 2011


Petugas dari PMI bersama siswa Ricci

Ibu Margareth sedang diperiksa kesehatannya

Pendonoran darah :)

Donor darah :)

Ibu Margareth sedang bersiap melakukan donor darah

Hansel Hadrian(kiri) dan Oscar Andrean (kanan)

Anton dan Michael

Siswa-siswi SMAK Ricci 1 setelah melakukan donor :)

Panitia donor :)

Kartu donor

Anton sedang melakukan donor darah :)

Pak Hari :)

Proses donor darah


Ditulis oleh : Hansel hadrian

0 comments:

Post a Comment