About

Tuesday, February 21, 2012

LDK PPSK 48 SMAK Ricci 1

OSIS PPSK 48 SMA Ricci 1
LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS  lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk  Sekolah  Menengah Pertama  maupun Sekolah Menenga Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan  kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin  dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik  dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDK Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan  Guru, Pembina  OSIS, Kepala Sekolah  serta Guru Psikologi  dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen . LDK Fisik biasanya diberikan di sekolah dalam waktu 3-5 Hari penuh,  sedangkan LDK Mental biasanya diberikan di luar kota dalam waktu 2-4 hari.

Perjalanan baru…
Untuk memulai masa jabatan OSIS PPSK 48 periode 2012-2013, kami bersama dengan beberapa guru pembina melaksanakan LDK di Pondok Susanto (daerah puncak). LDK yang berlangsung selama 3 hari ini dipimpin oleh Frans Liem and association, seorang motivator hidup.

Beberapa pelajaran yang sangat berharga telah kami dapatkan. Bagaimana sikap dari seorang pemimpin sejati, dan bagaimana sikap dari seorang pecundang. Tekanan mental sangat kami rasakan saat pak Frans Liem terus bermain dengan kata-kata pecundang.

Kami sangat berterima kasih kepada Pak Frans ,Pak Nicks dan Bunda Lucia karena telah memberikan pelajaran yang sangat berharga untuk kami semua. Dan tidak lupa, terima kasih kawan-kawan PPSK 48, yang telah memberikan sebuah awal yang baru, sebuah kekerabatan, sebuah tim, dan sebuah keluarga.

Berakhirnya LDK ini merupakan awal yang baru bagi kita semua. Kami, seluruh anggota PPSK 48 akan “Terbang Lebih Tinggi” dan “Berjuang 2B SMART” ! :)

Michael Stefanus (XI.1) & Amanda Permata (X.2)
SMAK Ricci 1 -


0 comments:

Post a Comment